ISD 5 : Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
Setiap individu sebagai
anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban tertentu. Hak dan kewajiban akan
terlihat dalam kedudukan (status) dan peranan (role) yang dijalankan individu
tersebut. Kedudukan dan peranan merupakan unsur pembentuk terjadinya pelapisan
didalam masyarakt. Yang dimaksud dengan kedudukan adalah tempat atau posisi
seseorang dalam suatu kelompok sosial, sehubungan dengan orang-orang lainnya
didalam kelompok tersebut, atau tempat sebuah kelompok sehubungan dengan
kelompok-kelompok lainnya didalam kelompok yang lebih besar lagi. Misalnya
status sebagai anak didalam keluarga; status guru di sekolah ataupun status
Indonesia di organisasi PBB.
P.J.
Bouman
menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu
golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan
beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan.
Didalam
organisasi masyarakat primitifpun dimana belum mengenai tulisan. Pelapisan
masyarakat itu sudah ada. Hal itu terwujud berbagai bentuk sebagai berikut:
- Adanya kelompok berdasarkan jenis kelamin dan umur dengan pembedaan-pembedaan hak dan kewajiban
- Adanya kelompok-kelompok pemimpin suku yang berpengaruh dan memiliki hak-hak istimewa
- Adanya pemimpin yang saling berpengaruh
- Adanya orang-orang yang dikecilkan diluar kasta dan orang yang diluar perlindungan hukum
- Adanya pembagian kerja di dalam suku itu sendiriAdanya pembedaan standar ekonomi dan didalam ketidaksamaan ekonomi itu secara umum
Terjadinya
Pelapisan Sosial
Terjadinya
Pelapisan Sosial terbagi menjadi 2, yaitu:
- Terjadi dengan Sendirinya
Proses ini
berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang
yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan
yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah
dengan sendirinya. Oleh karena itu sifat yang tanpa disengaja inilah yang
membentuk lapisan dan dasar dari pada pelapisan itu bervariasi menurut tempat,
waktu, dan kebudayaan masyarakat dimana sistem itu berlaku.
- Terjadi dengan Sengaja
Sistem
pelapisan ini dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dalam
sistem ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya kewenangan dan kekuasaan
yang diberikan kepada seseorang.
Didalam
sistem organisasi yang disusun dengan cara sengaja, mengandung 2 sistem, yaitu:
1) Sistem
Fungsional, merupakan pembagian kerja kepada kedudukan yang tingkatnya
berdampingan dan harus bekerja sama dalam kedudukan yang sederajat.
2) Sistem
Skalar, merupakan pembagian kekuasaan menurut tangga atau jenjang dari bawah ke
atas ( Vertikal ).
Contoh :
-Pelapisan
sosial pada kaum ningrat dengan kaum awam.
Kaum
ningrat tidak di perbolehkan berhubungan dengan kaum awam dikarenakan perbedaan
sosial.
KESAMAAN
DERAJAT DAN PERSAMAAN HAK
Sebagai
warga negara Indonesia, tidak dipungkiri adanaya kesamaan derajat antar
rakyaknya, hal itu sudah tercantum jelas dalam UUD 1945 dalam pasal ..
1. Pasal
27
• ayat 1,
berisi mengenai kewajiban dasar dan hak asasi yang dimiliki warga negara yaitu
menjunjung tinggi hukum dan pemenrintahan
• ayat 2,
berisi mengenai hak setiap warga negara atas pekerjaan dan penghidupan yang
layak bagi kemanusiaan
2. Pasal
28,
Ditetapkan
bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul, menyampaikan pikiran lisan dan
tulisan.
3. Pasal 29 ayat 2,
kebebasan
memeluk agama bagi penduduk yang dijamin oleh negara
4. Pasal 31 ayat 1 dan 2,
Yang
mengatur hak asasi mengenai pengajaran.
http://ilmusosialdasar-lintang.blogspot.com/2012/10/pelapisan-sosial-dan-kesamaan-derajat.html
CONTOH KASUS
Jakarta - Saat sejumlah negara bagian di Australia
berupaya memerangi geng motor kriminal, sekelompok orang di negara
bagian Australia Barat malah melakukan pendekatan simpatik.
Ketua club motor Kristen, Saints of Roebourne, Ranz Hinaki, mengungkapkan kalau kelompoknya mencoba mendekati geng motor kriminal di sana wilayah Australia Barat yang beribukota di Perth.
"Kami dari dunia yang berbeda, kami tidak mewakili kekerasan atau sesuatu yang seperti itu,” ujar Hinaki.
Hinaki berharap diundang untuk berkendara bersama sama untuk menunjukan ada cara lain menjalani hidup atau cara hidup yang berbeda.
Dalam beberapa pekan terkahir di Negara Bagian Queensland melakukan tindakan keras memberantas geng motor.
Untuk memberantas geng motor diberlakuka UU anti geng motor dan tidak memberikan jaminan buat anggota dan orang orang yang terkait dengan geng kriminal, perpanjangan masa hukuman dan membatasi pertemuan di tempat umum.
Hinaki percaya kalau pendekatan simpatik bisa lebih efektif untuk berkomunikasi dengan geng motor.
“Saya tidak melihat mereka sebagai orang yang suka kekerasan. Saya melihat mereka sebagai manusia.. meraka punya banyak cerita untuk disampaikan,” ungkap Hinaki.
Hinaki menambahkan kalau kelompok memperomosikan untuk menjadi teman buat mereka, menolong dan ada buat mereka.
Anggota Saints of Roebourne, Steven Heymans, punya pengalaman bertindak kriminal dan dia bisa dikaitkan dengan geng motor kriminal.
“Tidak ada yang bisa dibanggakan, hanya aktivitas kriminal di masa muda,” kenang Heymans.
Dua juga berbagi pengalamannya kepada anggota geng motor yang dia dekati.
"Tujuannya adalah melakukan apa yang saya bisa untuk menghentikan narkoba dan aksi buruk terjadi,” katanya.
CONTOH KASUS
Aksi Simpatik Dekati Geng Motor di Australia Barat
Ketua club motor Kristen, Saints of Roebourne, Ranz Hinaki, mengungkapkan kalau kelompoknya mencoba mendekati geng motor kriminal di sana wilayah Australia Barat yang beribukota di Perth.
"Kami dari dunia yang berbeda, kami tidak mewakili kekerasan atau sesuatu yang seperti itu,” ujar Hinaki.
Hinaki berharap diundang untuk berkendara bersama sama untuk menunjukan ada cara lain menjalani hidup atau cara hidup yang berbeda.
Dalam beberapa pekan terkahir di Negara Bagian Queensland melakukan tindakan keras memberantas geng motor.
Untuk memberantas geng motor diberlakuka UU anti geng motor dan tidak memberikan jaminan buat anggota dan orang orang yang terkait dengan geng kriminal, perpanjangan masa hukuman dan membatasi pertemuan di tempat umum.
Hinaki percaya kalau pendekatan simpatik bisa lebih efektif untuk berkomunikasi dengan geng motor.
“Saya tidak melihat mereka sebagai orang yang suka kekerasan. Saya melihat mereka sebagai manusia.. meraka punya banyak cerita untuk disampaikan,” ungkap Hinaki.
Hinaki menambahkan kalau kelompok memperomosikan untuk menjadi teman buat mereka, menolong dan ada buat mereka.
Anggota Saints of Roebourne, Steven Heymans, punya pengalaman bertindak kriminal dan dia bisa dikaitkan dengan geng motor kriminal.
“Tidak ada yang bisa dibanggakan, hanya aktivitas kriminal di masa muda,” kenang Heymans.
Dua juga berbagi pengalamannya kepada anggota geng motor yang dia dekati.
"Tujuannya adalah melakukan apa yang saya bisa untuk menghentikan narkoba dan aksi buruk terjadi,” katanya.
http://news.detik.com/read/2013/11/11/201622/2409966/1513/aksi-simpatik-dekati-geng-motor-di-australia-barat
PENDAPAT PRIBADI
Contoh dari pelapisan sosial dan
kesamaan derajat adalah…
Pada masyarakat
perkotaan yang modern bisa terjadi pelapisan sosial antara si kaya dan miskin yang
cukup jauh. Di masyarakat urban ibukota misalnya, dimana pusat kota dikuasai
oleh masyarakat kalangan atas yang cenderung memiliki kemampuan lebih secara
finansial disbanding daerah penyangga sekitar yang penduduknya kebanyakan dari
kalangan menengah kebawah hingga paling ekstrim pemukiman kumuh padat penduduk.
Sementara dari
kasus kesamaan derajat contohnya di sekolah, setiap murid berhak atas mutu
pendidikan yang sama tanpa melihat dan membedakan apakah dia dari kalangan
mampu atau tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar