I made this widget at MyFlashFetish.com.

Rabu, 11 Januari 2012

Tugas 5 Sistem Informasi Akuntansi : Aplikasi Siklus Pengeluaran

Tujuan Siklus Pengeluaran:
  1. Memastikan bahwa semua barang atau jasa dipesan sesuai kebutuhan.
  2. Menerima semua barang yg dipesan dan memastikan barang tsb dalam kondisi baik.
  3. Mengamankan barang hingga diperlukan.
  4. Memastikan bahwa faktur berkaitan dg barang atau jasa sah dan benar.
  5. Mencatat dan mengklasifikasikan pengeluaran dan pengeluaran kas dg cepat dan akurat.
  6. Mem-posting kewajiban dan pengeluaran kas pada rekening supplier yg tepat pada buku besar dan buku pembantu hutang.
  7. Memastikan bahwa semua pengeluaran kas sesuai dengan pengeluaran yg telah diotorisasi
Data input:
          Sumber input: catatan persediaan untuk transaksi pembelian dan tagihan dari suplier untuk transaksi pengeluaran kas.
Formulir input:
          Permintaan pembelian 
          Order pembelian                            
          Laporan penerimaan     
          Faktur dari pemasok      
          Voucher pengeluaran
          Cek pengeluaran
          Memo debet
          Formulir pemasok baru
          Proposal permintaan
Formulir input:
          Permintaan pembelian 
          Order pembelian                            
          Laporan penerimaan     
          Faktur dari pemasok      
          Voucher pengeluaran
          Cek pengeluaran
          Memo debet
          Formulir pemasok baru
          Proposal permintaan
Pemrosesan Data:
          Sistem pemrosesan hutang dan pembelian (pembelian, penerimaan, hutang).
          Sistem pemrosesan pengeluaran kas (pengeluaran untuk petty-cash, pengeluaran kas untuk tujuan lain).
          Sistem procurement card.
          Sistem berbasis Web.
Output berupa informasi:
          Laporan operasional (faktur/register voucher, register cek, laporan open order pembelian, open faktur, status persediaan, pengiriman yg terlambat)
          Tampilan layar
          Laporan manajerial terjadwal (skedul umur hutang, analisa pembelian, kinerja pemasok, laporan faktor2 kritis)
          Laporan manajerial sesuai permintaan.
Manajemen data:
          Berorientasi File à file master (pemasok, hutang, persediaan), file transaksi (order pembelian, open order pembelian, file faktur pemasok, open voucher, pengeluaran kas), file referensi dan history pemasok.
          Berorientasi data-based: diagram ER dan struktur logik siklus pengeluaran.
Pengendalian intern:
          Kemungkinan Resiko (Kiting)
          Pengendalian umum (organizational, documentation, asset accountability, management practice, data center operation, otorisasi, dan akses)
          Pengendalian aplikasi (input, proses, dan output) dan prosedur pengamanan WEB (keaslian, otorisasi, akuntabilitas, transmisi data, dan DRCP)

Akun-akun terkait:
o  Debet:
n  Sediaan Barang Dagangan
n  Sediaan Bahan Baku
n  Pembelian
n  Persekot Biaya
n  Aktiva Tetap
n  Aktiva Lain
o  Kredit:
n  Utang Usaha (Utang Voucher)
n  Kas
n  Diskon Pembelian
n  Retur Pembelian
Risiko Bawaan:
o  Faktor umum yang mendorong manajemen melakukan salah saji  asersi siklus pengeluaran, seperti:
n  Tekanan untuk mengurangsajikan (understate) biaya
n  Tekanan untuk mengurangsajikan utang
n  Kerentanan harga bahan baku dan produk
n  Risiko kecurangan yang dilakukan karyawan
n  Volume transaksi tinggi
n  Pembelian dan pembayaran tidak sah
n  Penggelapan aktiva yang dibeli
n  Pembayaran dobel atas faktur pembelian
n  Issue akuntansi yang tidak jelas (seperti perlakuan biaya reparasi dan pemeliharaan, klasifikasi sewa sebagai operating atau capital lease)
Pertimbangan Komponen Pengendalian Internal
o  Lingkungan Pengendalian
o  Penilaian Risiko oleh Manajemen
o  Informasi dan Komunikasi (Sistem Akt)
o  Monitoring
o  Aktivitas Pengendalian
Monitoring
o  Aktivitas monitoring yang harus diketahui auditor:
n  Umpan balik yang berjalan dari pemasok klien dalam hal ada masalah pembayaran atau pengiriman yang akan datang
n  Komunikasi dari auditor eksternal sehubungan dengan reportable condition atau kelemahan material yang relevan yg ditemukan audit sebelumnya
n  Penilaian berkala oleh auditor internal atas kebijakan dan prosedur yang terkait dengan siklus pengeluaran
Dokumen dan catatan dlm siklus pengeluaran:
o  Purchase requisition
o  Purchase order
o  Receiving  report
o  Vendor invoice
o  Voucher
o  Exception report
o  Voucher summary
o  Voucher register
o  Approved vendor Invoice
o  Open purchase order file
o  Receiving file
o  Purchase Transaction file
o  Accounts Payable master file
o  Suspense file

Tidak ada komentar:

Posting Komentar